Harga Cabai Melonjak Tajam Di Selayar Jelang Ramadhan


BISNIS NEWS | SELAYAR — Jelang Ramadhan, sejumlah kebutuhan sembako di Kepuauan Selayar Naik. Bahkan harga cabai mengalami kenaikan yang cukup drastis. 

Pantauan di Pasar Sentral Bonea Benteng, Sulawesi Selatan, selama beberapa hari terakhir tercatat mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat dari harga sebelumnya di bulan Maret ini.

Sejumlah pedagang dan pemilik toko sembako yang ada di pasar Sentral Bonea, memngakui hal tersebut, pada Senin (13/3/23).

Menurut Rubaiyah, harga cabai merah besar naik dari Rp25.500 per kilogram menjadi Rp50.000 per kilogram, begitu juga harga cabai merah keriting dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp50.500 per kilogram.

"Sementara untuk harga cabai rawit merah dari Rp25.350 per kilogram menjadi Rp60.650 per kilogram," katanya.

Ia menambahkan, harga cabai memang kurang terkendali, namun jenis komoditas yang lain relatif masih stabil dan persediaannya cukup baik di pasaran maupun di tingkat distributor.

Menurut Sobari, naiknya harga cabai diduga salah satu faktor karena harga ongkir yang mahal, selain itu terjadinya cuaca buruk beberapa bulan terakhir ini, diduga sebagai penyebabnya.

Melihat kondisi tersebut, hingga awal ramadhan nanti harga cabai diprediksi akan terus naik seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

“Karena faktor cuaca yang masih belum menentu, seperti cuaca ekstrem ini menjadikan harga ongkir juga mahal, apalagi nanti mau bulan puasa dipastikan harga cabai ini akan naik lagi,” katanya. (Ir)
Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال