BISNIS NEWS | TEMANGGUNG — Usai bertemu dengan petani tembakau di Festival Lembutan Bansari ke-4 di Temanggung, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung menemui perusahaan pabrikan rokok, Kamis (27/7/2023). 

Ganjar melobi perusahaan agar mau membeli tembakau hasil panen petani lokal. 

Ganjar bertolak ke gudang PT Gudang Garam di Kecamatan Bulu. Kedatangannya disambut langsung Direktur PT Gudang Garam Temanggung, Tjong Yen. Sekitar 30 menit, Ganjar menyampaikan aspirasi dari petani tembakau.

Selanjutnya, hal serupa juga dilakukan di PT Djarum Temanggung. Politikus berambut putih itu menemui Manajer Pembelian PT Djarum Temanggung, Iskandar.

"Baik Gudang Garam maupun Djarum kami sampaikan pembelian, tapi ini belum mulai memang dan panennya juga baru di beberapa titik. Tadi saya sampaikan sama kawan petani untuk disiapkan dengan baik,"ujar Ganjar Pranowo usai pertemuan.

Menurutnya, kualitas tembakau kali ini sangat bagus mengingat cuaca yang mendukung untuk masa panen. Sehingga, hasil panen dipastikan dapat terserap pabrikan secara maksimal.

"Insyaallah hasilnya akan baik karena cuaca juga dalam kondisi baik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya mengapresiasi langkah PT Djarum yang melakukan riset dan uji coba tembakau agar bisa lebih berkualitas tanpa bergantung pada cuaca.

"Tapi yang menarik teman-teman di Djarum ini ada risetnya, bagaimana tembakau itu ya bergantung sama cuaca tapi rekayasanya lebih bisa dilakukan. Tadi uji coba di rendam, ini percobaan selama ini sudah dilakukan membikin hasilnya jauh lebih tangguh, sehingga kualitasnya terjaga tidak bergantung pada cuaca," terangnya.

Sebab, kata Ganjar, yang dikhawatirkan oleh petani tembakau adalah saat panen tiba-tiba hujan.

"Yang mengerikan bagi petani tembakau kalau sudah mau panen tiba-tiba hujan, itu hancur. Menderita. Sekarang kayaknya bagus tinggal menyiapkan panen. Pembelian akan dimulai kepada para petani panen bersama. Semoga keduanya saling menguntungkan," harapnya.

Sementara, Manajer Pembelian PT Djarum Temanggung, Iskandar menyatakan siap membeli tembakau hasil panen petani Temanggung. Menurutnya, tembakau Temanggung kualitasnya bagus.

"Kami siap membeli tembakau Temanggung. Iya, bagus. Kualitasnya bagus. Kalau sudah panen kami siap beli," tandasnya. (rls/by)