BISNIS NEWS | BALI — Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menghadiri Capacity Building UMKM potensi ekspor Provinsi Bali Tahun 2023 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Povinsi Bali, Jumat (25/8). 

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud kerjasama Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama Pemkot Denpasar dalam perkuat ekonomi dan pengembangan UMKM potensi ekspor di Provinsi Bali. 

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menyampaikan, berkembangnya ekonomi dan UMKM diharapkan mampu memberikan ruang kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya untuk menjadi motor penggerak perekonomian hingga ke tingkat international. 

“Kota Denpasar tidak hanya bertumpu pada satu sektor saja yakni sektor pariwisata, namun juga lebih mengarah kepada sektor berbasis penguatan ekonomi inklusif dan pengembangan UMKM yang berpotensi ekspor," ujarnya
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa, sinergi yang terbangun dengan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali ini dapat menjadi media kerjasama berkelanjutan. Hal ini utamanya dalam pengembangan potensi ekspor serta membangun sumber daya manusia Denpasar agar dapat menjadi masyarakat yang cerdas, mandiri, kreatif dan berkarakter hingga ke tingkat international. 

Sementara Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, IGA Diah Utari mengatakan Bank Indonesia  terus memberikan pengembangan  dan bantuan kepada UMKM  dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas serta  mendorong untuk ekspor produk yang berkualitas. 

Lebih lanjut Diah Utari mengatakan dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta melalui offline dan online. Adapun peserta yang ikut terbagi dari UMKM binaan Bank Indonesia dan UMKM binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar. 

“Bersinergi nya antara Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dengan Pemerintah Kota Denpasar diharapkan dapat mewujudkan Program pengembangan  UMKM yang berpotensi ekspor di kancah international,” ujarnya. (Dps)