Launching Kampung Ikan TPI Mojo Dorong Berkembangnya Usaha Perikanan


BISNIS NEWS | PEMALANG — Kampung ikan adalah suatu kawasan yang berbasis komoditas unggulan dan untuk komoditas lokal dengan mensinergikan berbagai potensi guna mendorong berkembangnya usaha perikanan, baik budidaya ikan, penangkapan ikan maupun pengolahan hasil perikanan yang berdaya saing dan berlanjutan. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang Era Srinaeni, SPi, MM saat memberi sambutan pada kegiatan launching Kampung ikan di TPI Desa Mojo, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Menurutnya, dilaunchingnya Kampung ikan di  TPI  Mojo dengan tujuan meningkatkan produksi dan produktivitas perikanan, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan budidaya ikan bagi para nelayan di Pemalang.

Proyek perubahan ini diharapkan juga memmbawa manfaat ekonomis untuk para pembudidaya, pelaku usaha perikanan dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pemalang, melalui Kampung ikan.

"Diharapkan mampu mengurangi permasalahan pembudidaya dengan mengintegrasikan, berkolaborasi semua pihak dari hulu hingga hilir," imbuhnya.

Dia menyebutkan, Kabupaten Pemalang memiliki potensi sumberdaya alam sangat besar sepanjang  35 KM garis Pantai sejumlah 2.793 Pembudidaya, pelaku perikanan 17.186 orang,  luas Lahan budidaya air Payau 2.179 ha dan Budidaya Air Tawar 28.065 ha.

"Kampung Ikan kedepannya harus memiliki efek peningkatan perekonomian pendapatan di wilayah tersebut," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian bantuan prasarana peralatan nelayan berupa Mesin Kapal dan bantuan lainnya. (Rudi).