Rice Milling Unit Subak Tibu Beleng Ditargetkan Rampung Akhir Nopember 2023


BISNIS NEWS | BALI Bupati Jembrana I Nengah Tamba kembali memantau proses pembangunan Rice Milling Unit (RMU) yang dibangun di Subak Tibu Beleng, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Minggu (8/10). Tampak hadir mendampingi, Kadis Pertanian dan Pangan kabupaten Jembrana, Camat Mendoyo serta Perbekel Desa Penyaringan.

Didampingi Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama,  Bupati Tamba mengatakan pembangunan RMU ditargetkan rampung seluruhnya pada akhir Nopember 2023. Untuk diketahui, RMU nantinya mampu memproduksi 3 ton beras/jam sehingga akan mampu meningkatkan produksi beras di Jembrana.

"Hingga saat ini progres pembangunan telah mencapai 80% dan ditargetkan fisik bangunan rampung pada akhir Oktober dan untuk mesin akan rampung di akhir Nopember 2023," ujarnya.

Selain pembangunan Rice Milling Unit, dikawasan yang sama juga sedang dibangun gedung BUMDes Nusantara bersama dengan balai subak Tibu Beleng. Bupati Tamba menginginkan gedung BUMDes Nusantara dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Disini kita bangun BUMDes Nusantara bergabung dengan balai subak Tibu Beleng. Disini pemandangan sangat luar biasa. Disini sangat cocok untuk dikelola oleh anak-anak muda seperti dengan adanya coffee shop disini," ucapnya.

Lanjut, Bupati Tamba berencana akan membuat jalur untuk wisata ditengah persawahan. Sehingga masyarakat yang berkunjung, selain menikmati keindahan alam juga sekaligus dapat belajar dengan ekosistem yang ada di sawah.

"Disini akan kita buatkan track mungkin 3-4 kilometer untuk mengedukasi anak-anak untuk mengenal alam dan melihat makhluk hidup yang ada disawah," pungkasnya. (Ngr/hmsj)


Lebih baru Lebih lama

World News

نموذج الاتصال