BISNIS NEWS | JAKARTA — Koordinator Jaringan Rambut Abang mencatat prediksi harga telur Di petani/peternak Blitar rata-rata mencapai Rp 27.000 per kilogram sampai Rp 27.500 per kilogram, pada hari jumat 23 juni 2023. Itupun tergantung negoisasi antar peternak dan pedagang.

Sistem Informasi yang masuk di jaringan RA, Harga TELUR rata-rata ada kenaikan 100-300 per kilogram.

Sedangkan di Jabodetabek, telur di tingkatan pengepul atau grosir harga Di prediksi mencapai Rp 28.500 sampe Rp 29.000per kilogram. Dan di tingkatan Pasar/pengecer Di prediksikan mencapai Rp 30.500 sampai 31.000 per kilogram yang keduanya terpantau ada kenaikan sejak hari rabu.

Meski terjadi kenaikan harga, Koordinator jaringan Rambut Abang yang di pusat menyatakan, pihaknya tetap mengantisipasi potensi kenaikan yang over terutama H-1 Idul Adha 1444 H.

Kawan jaringan Rambut Abang sebelumnya mengadakan pasar murah dan melakukan pemantauan harga langsung ke hulu dan hilir untuk memastikan ketersediaan pasokan.

Di Satu sisi Untuk mengantisipasi lonjakan harga karena permintaan menjelang Idul Adha, kawan kawan RA dan pedagang se Nusantara meminta masyarakat bijak dalam berbelanja.

“Jelang Idul Adha di lapangan, berdasarkan ketersediaan atau stok untuk kebutuhan pokok dalam kondisi cukup. Oleh karena itu saya berharap khususnya masyarakat tidak berbelanja dengan panik dan beli sesuai kebutuhan, dikarenakan harga telur sangatlah fluktuatif,” imbau Salah Satu Koordinator RA.

Beliau menyebutkan ketersediaan kebutuhan pokok di jabodetabek dalam keadaan cukup.

Sehingga, lanjut beliau, "jika mendekati Hari Raya Idul Adha ada kenaikan harga, dipengaruhi Banyak permintaan pasar dan pihaknya memperkirakan dengan naikny harga telur tidak akan mengurangi daya beli masyarakat dan petani/peternak sampe pedagang akan Selalu Riang Gembira,kira kira begitu," Ujar beliau. (Byu)